Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP dengan mudah

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP

Posted on

Bagaimana cara menyambungkan headset bluetooth ke HP? Tidak sedikit pembaca yang menanyakan hal tersebut. Meskipun penggunaan headset bluetooth sudah umum, namun masih ada juga orang yang belum familiar dengan hal ini.

Sejak kehadiran headset bluetooth, penggunaan headset kabel sudah mulai tergeser. Wajar sih, karena headset yang menggunakan bluetooth jauh lebih praktis dan tidak ribet. Apalagi jika Anda menggunakannya sambil melakukan aktivitas yang lainnya.

Detail Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP

1. Pasang Headset Bluetooth di Telinga Anda

Langkah paling pertama yang perlu Anda lakukan tentunya adalah memasang headset bluetooth di telinga Anda. Setelah memasangnya, Anda bisa mendeteksi sejauh mana respon headset bluetooth tersebut setelah Anda pasang.

2. Aktifkan Headset Bluetooth

Setelah memasangnya, lanjutkan dengan menekan tombol power on pada headset bluetooth Anda. Tujuannya tentu saja untuk mengaktifkan bluetooth tersebut. Tekan tombol power on sampai terdengar suara yang menunjukkan kalau headset bluetooth sudah aktif.

3. Aktifkan Bluetooth di HP Anda

Agar headset bisa terhubung dengan HP Anda, tentu saja Anda harus mengaktifkan bluetooth di HP Anda terlebih dahulu. Caranya, cari simbol bluetooth di HP Anda, lalu klik simbol bluetooth tersebut.

4. Pindai Perangkat Bluetooth

Setelah bluetooth di HP Anda aktif, selanjutnya akan memindai perangkat bluetooth yang ada di sekitar HP tersebut.

5. Sambungkan Perangkat Bluetooth

Setelah headset di bluetooth Anda mendeteksi bluetooth yang aktif di perangkat yang ada di sekitar Anda, selanjutnya Anda tinggal menyambungkannya. Caranya, klik nama perangkat headset Bluetooth yang terdapat di HP Anda. Tunggu saja beberapa saat, nantinya akan terdengar suara yang menjadi tanda kalau headset bluetooth di HP Anda telah terhubung.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

6. Headset Sudah Berfungsi

Setelah Anda merasa kalau headset bluetooth Anda sudah terhubung dengan HP, coba lakukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan apakah headset bluetooth tersebut memang sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Caranya, coba nyalakan audio, putar video, atau dengarkan notifikasi pesan dari sosial media. Jika sudah terdengar dengan baik dan jelas, berarti proses menyambungkan headset bluetooth ke HP Anda berhasil.

Tips Aman Menggunakan Headset

Menggunakan headset di telinga memiliki resiko pendengaran Anda terhalangi dari mendengarkan bunyi dan suara yang ada di sekitar Anda. Kondisi ini berbahaya, karena bisa saja Anda berada dalam kondisi yang terancam atau rawan celaka, tapi Anda tidak mengetahuinya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menerapkan tips aman menggunakan headset yang akan disebutkan di bawah ini :

1. Jangan Gunakan Headset di Tempat Bising

Sebaiknya Anda tidak menggunakan headset di tempat yang bising, karena penggunaan headset justru akan semakin menghalangi Anda untuk mendengarkan hal-hal yang ada di sekitar Anda. Bisa saja Anda tanpa sadar melintas di depan mobil yang sedang berjalan, namun tidak mendengarkan suara klakson peringatan dari mobil tersebut.

Bisa juga Anda sedang melintasi lokasi yang berbahaya, seperti lubang yang dalam, namun Anda tidak melihatnya. Akibat menggunakan headset, Anda tidak mendengarkan teriakan orang-orang yang mengingatkan Anda tentang keberadaan lubang tersebut.

2. Atur Waktu Penggunaan Headset

Keseringan menggunakan headset bisa berakibat buruk bagi kesehatan telinga. Oleh karena itu, aturlah waktu penggunaan headset sebaik mungkin. Tujuannya untuk memberikan waktu istirahat bagi telinga.

Selain itu, jangan gunakan volume maksimal karena bisa merusak gendang telinga. Dianjurkan tingkat maksimal volume untuk penggunaan headset sebesar 70% saja.

3. Gunakan Headset yang Nyaman di Telinga

Headset memiliki bentuk dan model yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan headset yang terasa pas dan nyaman di telinga Anda. Jangan terpaku pada harga murah, tapi patokannya pada kecocokan dan kenyamanan saat digunakan.