Ciri-ciri Motherboard Rusak

5 Ciri-ciri Motherboard Rusak

Posted on

Anda ingin menjadi tukang service PC atau laptop handal? Salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah mengenai ciri-ciri motherboard rusak. Pembahasan ini sebaiknya tidak diabaikan karena memiliki pengaruh besar untuk kinerja perangkat.

Motherboard sendiri merupakan sebuah papan yang digunakan untuk menghubungkan seluruh komponen komputer. Saat mengalami kerusakan, maka akan memengaruhi sistem kinerja pada seluruh komponen.

Detail Ulasan 5 Ciri-ciri Motherboard Rusak

Pentingnya peran motherboard pada komputer membuatnya perlu dirawat. Apabila sudah mengetahui ciri-ciri kerusakannya sebaiknya segera lakukan perbaikan. Apa saja itu? berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Komputer Tidak Dapat Dihidupkan (Mati Total)

Tidak hanya karena kerusakan pada tombol power atau baterai, alasan mengapa komputer tidak dapat dihidupkan lainnya yaitu karena motherboard mengalami kerusakan. Untuk dapat mengetahui lebih jelasnya, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kematian komputer merupakan tanda kerusakan motherboard paling parah. Perbaikan merupakan solusi utama yang harus dilakukan. Apabila sudah tidak bisa diperbaiki, biasanya akan diganti dengan komponen baru supaya komputer bisa berfungsi normal.

2. Komputer Sulit Dihidupkan

Tanda ini paling bisa dirasakan saat menyetel komputer pada mode sleep. Jika akan dihidupkan namun tidak kunjung hidup atau memerlukan waktu lebih lama dari biasanya, sebaiknya Anda mulai waspada dengan kondisi motherboard.

Usia motherboard yang sudah lama ataupun salah dalam perawatan komputer, merupakan penyebab kerusakan paling umum. Selain itu komputer terlalu sering jatuh juga menjadi penyebab yang tidak boleh disepelekan.

3. Komputer Sering Mati dengan Sendirinya

Anda pernah menyalakan komputer namun tiba-tiba mati? bisa jadi ini merupakan tanda jika motherboard sedang tidak sehat. Alasan mengapa komputer sering mati sendiri yaitu karena kipas pendingin tidak dapat bekerja pada saat dibutuhkan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat motherboard rusak maka sistem kinerja komponen lain bisa terganggu termasuk kipas pendingin. Saat bagian tersebut tidak dapat bekerja dengan baik, maka ketika mesin komputer mengalami overheating, pendingin tidak nyala.

Akibatnya, komputer akan tiba-tiba mati sendiri ketika digunakan untuk beroperasi terlalu keras. Sangat disarankan untuk sesegera mungkin memperbaikinya untuk menghindari kerusakan lebih parah.

4. Terdengar Bunyi Beep

Komputer Anda mengeluarkan bunyi beep.. beep.. saat dihidupkan? jika iya, kemungkinan ada komponen penting yang rusak, misalnya keyboard. Biasanya tanda ini dibarengi dengan layar monitor yang stuck pada boot screen. 

Saat keyboard rusak, ada kemungkinan salah satu tombolnya berada di posisi seperti sedang tertekan. Hal ini membuat sistem komputer mengeluarkan peringatan dengan suara beep..beep.. secara berulang.

Bunyinya akan tetap Anda dengar jika masalah utama belum teratasi. Meski bunyinya bisa dihilangkan dengan menggunakan silent mode, namun alangkah lebih baiknya segera dicari penyebab utamanya.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Laptop Toshiba 4 Jutaan Terbaik

5. Tampilan Komputer Stuck di Boot Screen

Boot Screen yang dimaksud di sini adalah tampilan layar tidak bisa berubah dan tetap menampilkan layar hitam. Terkadang juga ada yang berkedip-kedip di sudut kiri atas. Penyebab paling umum adalah saat BIOS tidak bisa memuat OS akibat boot loader mengalami crash.

Ada beberapa penyebab mengapa masalah ini bisa dialami komputer, salah satunya akibat motherboard retak, tertutup debu, atau mengalami gagal fungsi. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana kondisi yang sebenarnya.

Dari penjelasan mengenai ciri-ciri motherboard rusak,Anda diharapkan waspada dan melakukan perawatan secara tepat. Tujuannya supaya perangkat bisa digunakan dalam jangka waktu lama tanpa perlu terlalu sering diservice.