Zona neritik, zona batial, dan zona abisal

Zona neritik adalah bagian laut yang memiliki kedalaman 0-200 m dan sering disebut daerah paparan atau dangkalan. Pada wilayah ini sinar matahari dapat mencapai bagian dasar laut sehingga memungkinkan plankton untuk hidup dan berkembang biak. Zona ini sangat kaya dengan hasil laut berupa ikan, kerang, teripang, mutiara, rumput laut, dan sebagainya.

Zona batial adalah bagian dasar laut yang mempunyai kedalaman 200-2.000 m, disebut juga daerah laut dalam. Sinar matahari tidak sampai ke bagian dasar laut ini sehingga tampak gelap. Kehidupan ikan di zona ini sangat terbatas, baik jenis maupun jumlahnya. Jenis ikan yang hidup berupa ikan-ikan besar.

Zona abisal adalah bagian laut yang berkedalaman >2.000 m, sering disebut laut sangat dalam. Pada zona ini terjadi penurunan suhu menjadi sangat rendah bahkan sampai ke titik beku. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat hidup di daerah ini dan jenis binatang pun sangat terbatas. Zona ini berupa daerah lubuk laut dan palung laut.

Artikel terkait kategori geografi
Dampak urbanisasi
Teori lempeng tektonik
Teori kabut, planetesimal, proto planet, dan teori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>