Teori terjadinya negara

Asal mula terjadinya Negara selain dapat dilihat berdasarkan proses pertumbuhan primer dan sekunder, dapat juga dilihat berdasarkan pendekatan teoritis. Beberapa teori itu adalah sebagai berikut:
a.    Teori Ketuhanan. Menurut teori Ketuhanan, Negara adalah atas kehendak Tuhan. Hal ini Nampak dari kalimat “by the grace of God” dalam berbagai UUD Negara. Tokoh teori ini antara lain Thomas Aquino, Agustinus dan Dante Alleglieri.
b.    Teori Perjanjian Masyarakat. Menurut teori ini, Negara timbul atas dasar perjanjian masyarakat. John Locke, salah seorang tokoh teori ini melihat bahwa dalam perjanjian masyarakat ada pactum uniones dan pactum subjectiones. Pactum uniones adalah perjanjian antara individu untuk membentuk masyarakat politis (Negara). Sedangkan pactum subjectiones adalah perjanjian antar individu untuk menyerahkan kekuasaan rakyat kepada raja. Pactum uniones menurut Hobbes ditelan oleh pactum subjectiones sehingga kekuasaan raja mutlak. Tetapi sebaliknya Rousseau melihat bahwa pactum subjectiones justru ditelan oleh patum uniones sehingga raja semata-mata hanya mandataris rakyat dan pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat.
c.    Teori kekuasaan. Menurut teori ini Negara muncul sebagai hasil dominasi kelompok yang kuat terhadap kelompok yang lemah. Tokohnya antara lain Harold J. Laski dan Leon Duguit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>