Skala prioritas kebutuhan

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan beraneka ragam akan berlangsung terus menerus. Jika kebutuhan yang satu telah terpenuhi, maka akan muncul kebutuhan yang lain. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan pengorbanan. Besar atau kecilnya pemuas kebutuhan yang diperoleh tergantung pada besar atau kecilnya pengorbanan yang dilakukan.

Kebutuhan manusia yang beraneka ragam tersebut pemuasannya dapat dilakukan secara vertikal atau secara horizontal. Pemuasan secara vertikal adalah pemuasan kebutuhan yang hanya satu macam kebutuhan saja, sedangkan pemuasan secara horizontal merupakan pemuasan kebutuhan dengan berbagai macam alat pemuas kebutuhan.

Setiap manusia pada dasarnya memerlukan alat pemuas kebutuhan yang beraneka ragam dan selalu dihadapkan dengan keterbatasan alat pemuasnya. Agar dapat mengatasi masalah tersebut, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun skala prioritas kebutuhan. Skala prioritas kebutuhan merupakan suatu daftar tentang berbagai macam kebutuhan hidup yang ditetapkan berdasarkan kepentingannya.

Contohnya seorang petani mempunyai berbagai macam kebutuhan untuk dapat mengolah usaha pertaniannya. Agar petani tersebut dapat memenuhi segala macam kebutuhan yang diperlukan, sebaiknya petani tersebut melakukan tindakan penyusunan skala prioritas kebutuhan. Pertimbangan yang dapat diambil oleh petani dalam menetapkan skala prioritas kebutuhan tersebut adalah dapat memperhatikan waktunya, kepentingannya, dan lain sebagainya.

Artikel terkait kategori ekonomi:
Masyarakat luar negeri
Jenis koperasi
Faktor produksi
Ilmu ekonomi, maksud ekonomi, ekonomi mikro
Pengertian akun dan penggolongan akun dalam

Incoming search terms:

  • arti kebutuhan secara horizontal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>