Sistem pengangkutan pada tumbuh-tumbuhan

Tujuan pengangkutan pada tumbuhan sama dengan pengangkutan pada hewan adalah untuk mengedarkan zat-zat yang penting untuk keperluan kehidupan sel-sel dan mengambil zat-zat hasil kegiatan tersebut.

Sedangkan untuk alat-alat pengangkutan pada tumbuhan tingkat tinggi memiliki alat-alat khusus yang dinamakan jaringan pengangkut, yang tempatnya dari akar hingga ke daunnya, yaitu pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Diantara pembuluh tersebut terdapat jaringan yang dinamakan kambium. Adapun fungsi dari pembuluh kayu adalah untuk alat pengangkut air dan garam-garam mineral dari dalam tanah. Sedangkan fungsi pembuluh tapis adalah sebagai alat yang digunakan mengangkut hasil fotosintesis dari daun.

Fungsi kambium adalah untuk memperbesar batang dengan cara membentuk pembuluh kayu menuju ke dalam dan membentuk pembuluh tapis ke bagian luarnya.

Artikel terkait kategori biologi:
Adaptasi fisiologi, Adaptasi morfologi
Alat perkembangbiakan pada hewan
Ayam, ikan, anjing dan kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>