Sendi dan macam-macam persendian pada tubuh manusia

Sendi yang tidak dapat bergerak sama sekali disebut sendi sinartrosis.
Sinartrosis merupakan persendian yang sama sekali tidak bisa digerakkan. Hal ini disebabkan oleh jaringan yang menghubungkannya bisa berupa tulang rawan atau bahkan serabut jaringan ikat. Contoh pada sambungan tulang-tulang tengkorak serta pada persendian dua belahan tulang pubis yang membentuk sendi simfisis pubis.

Sendi yang memungkinkan gerakan ke segala arah adalah sendi putar.
Sendi putar memungkinkan gerakan memutar. Hal ini dimungkinkan karena ujung tulang yang satu mengitari ujung tulang yang lain. Contoh hubungan tulang kepala dengan tulang atlas dan pangkal lengan dengan tulang pengumpil.

Persendian pada tulang tengkorak adalah contoh dari persendian sinartrosis.
Macam-macam persendian:
a.    Sinartrosis, adalah persendian yang tidak bisa digerakkan sama sekali. Contoh persendian pada tulang-tulang penyusun tengkorak.
b.    Amfiartrosis, adalah persendian yang bisa digerakkan tetapi sedikit. Contoh persendian pada antar tulang rusuk atau tulang belakang.
c.    Diartrosis, adalah persendian yang bisa digerakkan secara bebas. Contoh persendian antara tulang paha dengan tulang panggul.

Artikel terkait kategori biologi:
Alat pencernaan makanan
Tumbuhan hijau
Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>