Rumah tangga keluarga (konsumen)

Rumah tangga keluarga atau konsumen adalah kelompok orang yang terikat dalam hubungan kekeluargaan. Karena terdiri atas orang-orang rumah tangga (keluarga) merupakan sebuah unit perilaku ekonomi rumah tangga memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat. Mengapa? Karena rumah tangga berperan penting, yakni sebagai berikut.

a. Konsumen
Sebagai konsumen, rumah tangga konsumsi berperan dalam mengonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produksi untuk memenuhi kebutuhannya. Tindakan mengonsumsi barang terlihat saat konsumen membelanjakan pendapatannya.

b. Pemasok atau pemilik faktor produksi
Kegiatan produksi dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Jika tersedia bangunan pabrik, mesin-mesin pengolah, dan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang cukup, serta pihak manajemen yang berpengalaman. Semua hal di atas disebut sebagai faktor produksi. Jadi, faktor produksi adalah semua benda dan alat-alat yang digunakan untuk menghasilkan atau menambah nilai guna barang atau jasa.

Faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga konsumsi akan diserahkan kepada rumah tangga produksi sehingga rumah tangga konsumsi mendapat imbalan atas faktor produksi yang dimilikinya. Imbalan atas faktor produksi itulah yang akan digunakan oleh rumah tangga konsumsi untuk memenuhi kebutuhannya dengan membeli barang-barang atau jasa.

Artikel terkait kategori ekonomi:
Kebutuhan pokok
Pengertian menabung
Pengertian uang kartal
Pengertian uang logam
Pengertian koperasi sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>