Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan

Rantai makanan yaitu rentetan organisme dalam peristiwa makan dan dimakan. Contoh: padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular dimakan elang, elang diuraikan oleh pengurai.
Dari rantai makanan tersebut, terlihat peran suatu organisme dalam suatu habitat (tempat hidup), yaitu:
1 padi sebagai produsen atau penghasil, yaitu organisme yang membuat makanan sendiri melalui peristiwa fotosintesis, meliputi semua tumbuhan hijau.
2,3,4 (tikus, ular, elang) sebagai konsumen atau pemakai, yaitu organisme yang memanfaatkan atau memakai hasil dari produsen langsung, meliputi semua hewan.
5 pengurai, yaitu jamur dan bakteri.
Organisme tersebut memperoleh makanannya dengan cara merombak sisa-sisa makhluk hidup.

Dalam suatu rantai makanan, terjadi:
Aliran energi, yaitu pergerakan energi, yang dimulai dari sinar matahari ke tumbuhan (produsen) selanjutnya bergerak ke konsumen kemudian bergerak ke pengurai dan sebagian ada energi yang hilang ke lingkungan.

Daur materi. Materi yang ada di dalam (di udara, tanah, air) akan masuk ke dalam tubuh makhluk hidup (produsen dan konsumen) dalam bentuk zat hara. Bila tumbuhan atau hewan mati, maka akan terjadi penguraian dan hasil dari penguraiannya akan kembali ke lingkungan (tanah, air, dan udara), selanjutnya zat hara tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh produsen dan konsumen untuk mendukung segala aktivitas kehidupan.
Peristiwa ini merupakan contoh daur materi.
Jaring-jaring makanan, yaitu kumpulan rantai makanan yang saling berhubungan.
Piramida makanan, menggambarkan hubungan jumlah individu dalam tiap tingkat makanan.

Artikel terkait kategori biologi:
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan
Faktor lingkungan yang mempengaruhi kehidupan
Peranan virus dalam kehidupan manusia

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>