Rangkuman pelajaran geografi – peta, atlas, dan globe

Inset adalah suatu gambar yang menunjukkan letak atau posisi suatu daerah terhadap daerah lain yang lebih luas. Inset pada peta bermanfaat untuk memperjelas peta yang digambarkan dan sebagai penyambung daerah yang tidak termuat di dalam lembaran peta. Inset digambarkan dengan skala yang lebih besar.

Peta, atlas, dan globe merupakan alat bantu dalam bidang geografi. Adanya alat bantu tersebut menjadikan siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran.

Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan pada bidang datar dengan perbandingan tertentu. Melalui peta, seseorang dapat melihat berbagai bentang alam dan budaya yang akurat.

Berdasarkan isi dan penggunaannya, peta dibedakan menjadi dua, yaitu peta umum dan peta khusus. Adapun menurut bentuknya, peta dibedakan menjadi tiga, yaitu peta datar, peta timbul, dan peta digital.

Atlas merupakan sekumpulan peta yang disusun secara teratur dalam bentuk sebuah buku. Sebagai salah satu sarana bantu dalam bidang geografi, atlas memiliki syarat sistematis, informatif, dan indah.

Globe adalah tiruan bola bumi dalam ukuran kecil (miniatur).

Artikel terkait kategori geografi
Temperatur atau suhu udara
Batuan beku, sedimen, dan metamorfik
Tanah dan batuan

Incoming search terms:

  • rangkuman peta atlas dan globe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>