Psikologi manajemen

Psikologi manajemen pada hakikatnya merupakan bagian integral dalam ilmu manajemen. Manajemen sebagai suatu sistem yang mengandung komponen-komponen input, proses dan hasil, masing-masing tidak dapat dipisahkan dari keterlibatan faktor manusia, bahkan keberhasilan manajemen sangat bergantung kepada penggunaan unsur tingkah laku manusia yang bermanfaat.

Dewasa ini, studi tentang psikologi manajemen sangat digemari oleh banyak orang, terutama yang dipersiapkan atau sedang mempersiapkan diri sebagai manajer atau pelaksana manajemen pada tingkatan tertentu, yang sering disebut sebagai manajemen puncak (top management), manajemen menengah (middle management), dan manajemen operasional (operational management). Orang-orang yang bergerak dalam posisi manajemen yang bersangkutan sudah tentu harus dan perlu melibatkan serta menggerakkan para karyawan agar proses manajemen yang dilaksanakannya bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu menghasilkan produk jasa atau material tertentu yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Artikel terkait kategori ekonomi:
Kemajuan teknologi dan pertambahan penduduk
Kebutuhan, sumber daya ekonomi, kelangkaan
Masalah ekonomi, proses produksi, kegiatan produksi
Konsep biaya peluang tenaga kerja, proses produksi
Tujuan sistem ekonomi, Mekanisme pasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>