Polimer dan polimerisasi

Polimer adalah suatu makromolekul dengan rantai panjang yang terdiri atas unit-unit lebih kecil yang tergabung bersama sedangkan monometer adalah unit-unit lebih kecil penyusun polimer. Senyawa-senyawa makromolekul yang ada di alam (polimer alam) contohnya:
1.    amilum dalam beras, jagung, kentang
2.    selulosa dalam kayu
3.    protein yang terdapat dalam jagung
4.    karet alam.

Polimerisasi
Polimerisasi adalah reaksi pembentukan polimer. Polimerisasi ada 2 jenis, yaitu adisi dan kondensasi.

Polimerisasi adisi
Polimerisasi adisi adalah reaksi pembentukan polimer dengan monomer-monomer molekul yang memiliki ikatan rangkap dua atau tiga, tanpa melepas molekul kecil.
Polimerisasi ini terjadi pada monomer yang mempunyai ikatan tak jenuh (ikatan rangkap) dengan cara membuka ikatan rangkap dan menghasilkan senyawa polimerisasi dengan ikatan jenuh.
Dalam polimerisasi adisi, polimer merupakan satu-satunya produk.

Beberapa contoh polimer yang terbentuk dari polimerisasi adisi:
a.    PVC (Polivinil klorida). PVC terbentuk melalui proses polimerisasi adisi dari monomer-monomer kloro elena (Vinil klorida).
b.    Polietena (Polietilena). Polietilena terbentuk melalui proses polimerisasi adisi monomer-monomer etena (CH2H4).
c.    Poliisoprena (karet alam). Poliisoprena terbentuk melalui proses polimerisasi adisi monomer-monomer 2-metil – 1, 3-butadiena (isoprena).
d.    Teflon (PTFE). Teflon terbentuk dari polimerisasi adisi monomer-monomer tetrafluoro etena. Teflon merupakan lapisan anti lengket yang digunakan sebagai alat memasak (penggorengan).

Polimerisasi kondensasi
Polimerisasi kondensasi adalah reaksi pembentukan polimer dengan monomer-monomer yang saling berikatan dengan melepaskan molekul kecil.
Jadi pada polimerisasi kondensasi, di samping dihasilkan senyawa polimer dihasilkan juga zat lain yang struktur molekulnya sederhana (kecil).

Contoh polimer yang terbentuk dari polimerisasi kondensasi:
a.    Nilon 66
b.    Dakron atau terilen. Polimer ini terbentuk dari polimerisasi kondensasi 2 jenis monomer yang berbeda, yaitu 1, 4 benzena dioat (asam tereftalat) dan 1, 2 etanadiol (glikol).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>