Pithecanthropus Erectus

Pada tahun 1890 Eugene Dubois menemukan fosil jenis Pithecanthropus di desa Trinil (Ngawi) Jawa Timur di dekat Lembah Sungai Bengawan Solo, dengan memberi nama Pithecanthropus Erectus, artinya manusia kera yang berjalan tegak.

Berdasarkan penelitian Pithecanthropus Erectus mempunyai ciri-ciri seperti berikut ini:
-    berbadan tegap dengan alat pengunyah yang kuat
-    tinggi badan sekitar 165 – 170 cm dengan berat badan kurang lebih 100 kg
-    berjalan tegak
-    makanannya masih kasar dengan sedikit pengolahan
-    hidup pada 1 – 0,5 juta tahun yang lalu

dari temuan Pithecanthropus Erectus dapat diambil kesimpulan bahwa jenis manusia ini merupakan makhluk yang kedudukannya di antara manusia dan kera, tetapi sudah dapat berjalan tegak. Penemuan ini dianggap sangat penting dalam dunia ilmu pengetahuan yang seakan-akan sudah terbukti masalah yang belum terpecahkan oleh Darwin dengan teori evolusinya. Menurut teori evolusi, salah satu cabang keturunan kera adalah manusia, tetapi belum ada bukti berupa makhluk peralihan dari kera ke manusia sehingga terjadi missing link. Pithecanthropus Erectus dianggap sebagai missing link tersebut, karena keadaannya antara manusia dan kera.

Artikel terkait kategori sejarah:
Ras, manusia purba
Prasasti
Jenis manusia purba
Fosil manusia purba
Jenis manusia purba

Incoming search terms:

  • pithecanthropus erectus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>