Perubahan iklim global, el nino dan la nina

Perubahan iklim global adalah perubahan unsur-unsur iklim yang mempunyai kecenderungan naik atau turun secara nyata. Perubahan iklim global disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca. Hal ini terjadi sejak revolusi industri. Meningkatnya suhu udara karena perubahan iklim global sering disebut sebagai pemanasan global. Pemanasan global disertai dengan fenomena:
1.    melelehnya permukaan air di kutub atau pegunungan tinggi
2.    naiknya evaporasi yang disertai meningkatnya curah hujan di suatu tempat atau waktu dan menurunnya curah hujan di tempat atau waktu lain.

Perubahan iklim ini menyebabkan dampak, antara lain: meningkatnya banjir, erosi, dan tanah longsor, meningkatnya resiko kerusakan tanaman pertanian, meningkatnya kebakaran hutan, meningkatnya epidemi penyakit infeksi pada manusia dan menurunnya kualitas dan kuantitas sumber daya air.

El nino adalah fenomena panasnya suhu permukaan air laut di Samudera Pasifik yang lebih rendah dari wilayah di sekitarnya mengakibatkan musim hujan di kawasan Indonesia dengan rata-rata intensitas curah hujan yang lebih tinggi dari tahun-tahun biasanya.
Intensitas hujan kecil di Indonesia dan banyak hujan di Amerika Selatan sehingga berdampak pada pertanian dan kebakaran hutan di Indonesia.

La nina adalah penurunan suhu muka laut (lebih dingin daripada kondisi normal). Dampaknya adalah banjir dan longsor.

Artikel terkait kategori geografi
Skala Mercalli
Nonpertanian
Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>