Perkembangbiakan generatif pada hewan

Setiap makhluk hidup berkembang biak. Perkembangbiakan pada hewan dapat terjadi secara generatif maupun vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif umumnya terjadi pada hewan vertebrata. Perkembangbiakan secara vegetatif hanya terjadi pada hewan tingkat rendah (avertebrata). Beberapa jenis hewan tingkat rendah dapat berkembang biak secara generatif maupun vegetatif.

Perkembangbiakan generatif ditandai oleh adanya fertilisasi, yaitu peleburan antara dua sel yang kompatibel (sesuai). Sel yang kompatibel dengan jenis plus (+) dan minus (-), mikro dan makro, serta jantan dan betina. Proses pembentukan sel kelamin pada hewan tingkat tinggi dikenal dengan istilah gametogenesis yang terdiri dari spermatogenesis (proses pembentukan sperma) dan oogenesis (proses pembentukan sel telur). Sel kelamin jantan (spermatozoa) dihasilkan oleh alat kelamin jantan yang disebut testis. Adapun alat kelamin betina yang menghasilkan ovum disebut ovarium. Apabila terjadi perkawinan yang diikuti dengan pembuahan maka akan menghasilkan zigot.

Artikel terkait kategori biologi:
Bibit penyakit malaria, Penyakit leptospirosis
Pertanian, nonpertanian, perkebunan, perikanan
Soal biologi tentang gerak dan sistem alat gerak

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>