Percobaan Sachs

Langkah-langkah percobaan Sachs:
1.    bungkus sebagian permukaan daun dengan kertas perak atau karbon, lakukan sebelum ada sinar matahari (bisa malam hari sebelumnya)
2.    biarkan seharian
3.    kemudian ambil daun tersebut, rebus di dalam air mendidih, angkat, rebus kembali di dalam alkohol. Direbus di dalam alkohol tujuannya adalah untuk melarutkan klorofil
4.    selanjutnya angkat dan lakukan pengetesan. Lakukan pada bagian-bagian yang terbuka, bila ditetesi oleh lugol akan memberikan warna biru atau ungu atau hitam, hal ini menunjukkan pada bagian tersebut terdapat karbohidrat (amilum) hasil fotosintesis. Sedangkan pengetesan pada bagian daun yang tertutup dengan lugol, tidak ada reaksi apa-apa, hal ini menunjukkan bahwa pada bagian ini tidak terdapat amilum karena tidak terjadi peristiwa fotosintesis.

Bagian daun yang fotosintesis adalah jaringan palisade (jaringan pagar) karena pada bagian ini banyak ditemukan klorofil.

Artikel terkait kategori biologi:
Rangka manusia dan hewan
Pernapasan
Udara

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>