Pengertian tata busana dan tata rias

Tata busana merupakan pengaturan segala sandang dan perlengkapannya (aksesoris) yang dikenakan di atas pentas. Tata busana membantu penonton menangkap ciri sebuah peranan atau tokoh dan membantu memperlihatkan hubungan antarperanan.

Agar mempunyai efek yang diinginkan, kostum pentas harus menunaikan beberapa fungsi tertentu. Di antaranya adalah sebagai berikut:
–    Membantu menghidupkan perwatakan pelaku
–    Individualisasi peranan
–    Memberi fasilitas dan membantu gerak.

Tata rias merupakan seni menggunakan bahan-bahan kosmetika untuk mewujudkan wajah peranan. Tugas tata rias adalah memberikan dandanan atau perubahan-perubahan pada para pemain sehingga terbentuk dunia panggung dengan suasana yang mengena dan wajar. Tata rias bisa memiliki fungsi pokok, misalnya mengubah seorang gadis belia menjadi nenek tua atau seorang pria memerankan seorang wanita. Tata rias sebagai fungsi bantuan misalnya seorang gadis muda memang memerankan gadis muda, tetapi memerlukan sedikit rias muka, rambut, atau hal-hal kecil lainnya.

Kegunaan tata rias dalam seni drama atau teater adalah:
–    Merias tubuh manusia, artinya mengubah yang alamiah (natural) menjadi yang artistik atau bersifat budaya (kultural) dengan mendapatkan daya guna yang tepat
–    Mengatasi efek tata lampu yang kuat
–    Membuat wajah dan kepala sesuai dengan peranan yang dikehendaki.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian bulu tangkis
Pengertian seni lukis
Pengertian renang
Definisi ekosistem, Definisi jaringan
Definisi sel dan komponen sel

Lazada Indonesia

2 thoughts on “Pengertian tata busana dan tata rias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>