Pengertian senam irama

Pada prinsipnya, senam irama sama dengan senam-senam yang lainnya. Akan tetapi, pada senam ini disertai dengan irama (ritme). Dalam melakukan gerakan, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:
1)    Senam ini biasanya menggunakan musik berirama 2/4, ¾, 4/4. Dapat juga dengan nyanyian, misalnya Potong Bebek Angsa, atau Burung Kakak Tua. Rasakan dengan benar irama musik atau lagunya agar gerakan badan menjadi sesuai.
2)    Kelenturan atau fleksibilitas adalah keluwesan gerak tubuh, misalnya meliuk, menekuk, membungkukkan badan, meliuk ke samping, dan melilin.
3)    Kontinuitas gerakan, yaitu sikap rangkaian gerakan yang tidak terputus. Oleh karena itu, perlu melakukan latihan-latihan gerakan senam irama.

Senam kesegaran jasmani Ayo Bersatu
Senam Ayo Bersatu adalah senam kesegaran jasmani yang diciptakan oleh Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia, yang mencerminkan keinginan dan tekad untuk bersatu dari seluruh komponen olahraga masyarakat, sekaligus mencerminkan keinginan untuk melestarikan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui kegiatan olahraga.

Senam Ayo Bersatu mudah dilakukan kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja. Senam Ayo Bersatu diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani para peserta.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian seni tari
Pengertian artikulasi
Pengertian seni drama
Pengertian puisi
Pengertian syair

One thought on “Pengertian senam irama

  1. jaelani rahmat

    salam kenal :) . . . utk senam ritmik sndri mulai populer di indonesia dri kapan yah ?? apkh dri awalny jga sdh mmkai baju senam sperti skrg ini ?? n btw klo tempat yg jual baju senam crystal yg berkulitas dmna yah ??
    mkasih, salam sukses :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>