Pengertian rotasi bumi dan revolusi bumi

Perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi. Kala rotasi adalah waktu yang digunakan untuk sekali rotasi. Kala rotasi bumi selama 24 jam atau sehari. Bumi berotasi sangat cepat, tetapi kita tidak dapat merasakannya. Akibat rotasi bumi terjadilah pergantian siang dan malam. Bagian bumi yang mengarah ke matahari mengalami siang hari. Bagian bumi yang membelakangi matahari mengalami malam hari. Selain berotasi, bumi juga berevolusi. Revolusi adalah gerakan berputar mengelilingi matahari. Bumi melakukan sekali revolusi terhadap matahari (kala revolusi) selama setahun atau 362 hari 6 jam 9 menit 10 detik. Pengaruh revolusi dan rotasi bumi digunakan sebagai dasar penanggalan matahari, yaitu ditetapkan bahwa 1 hari lamanya 24 jam dan setahun 365 hari. Penetapan itu tidak persis sama dengan lama rotasi dan revolusi bumi. Perubahan itu dilakukan pada tanggal 29 Februari. Tahun-tahun yang mengalami penambahan 1 hari itu disebut sebagai tahun kabisat, misalnya tahun 1200, 1600, 1800, 1988 dan 2000 dan seterusnya.

Bumi juga mempunyai pergerakan-pergerakan lain yaitu gerak presesi. Gerak ini diakibatkan oleh pengaruh bulan, menyebabkan berubahnya arah sumbu rotasi bumi. Waktu gerak presesi sangat panjang yaitu 25.600 tahun. Peragaan gerak presesi ini dapat dilihat pada proyektor planetarium Jakarta. Kala rotasi bulan sama dengan kala revolusi bulan terhadap bumi, yaitu selama 29 ½ hari.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian puisi
Pengertian pidato
Pengertian ungkapan, peribahasa, dan majas
Pengertian perkemahan
Pengertian seni terapan dan apresiasi seni

One thought on “Pengertian rotasi bumi dan revolusi bumi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>