Pengertian respirasi dan alat pernapasan manusia

Respirasi atau bernapas adalah mengambil oksigen dari udara dan menghantarkannya ke jaringan. Di jaringan oksigen nantinya akan dipergunakan untuk membakar glukosa sehingga dihasilkan energi, dan energi tersebut dipergunakan untuk segala aktivitas tubuh.
Ampas dari peristiwa tersebut adalah CO2 dan H2O yang kemudian kedua ampas tersebut dikeluarkan dari tubuh. Reaksi kimianya adalah:

Glukosa + O2  CO2 + H2O + energi.

Alat pernapasan manusia
1.    Hidung. Udara yang masuk ke hidung akan mengalami pembersihan yang dilakukan oleh rambut-rambut hidung, serta akan dipertahankan kelembabannya yang dilakukan oleh lapisan lendir pada rongga hidung.
2.    Pharynk (faring).
3.    Trachea atau trakea (batang tenggorok). Trakea dibentuk oleh cincin tulang rawan dindingnya dilapisi jaringan epitel bersilia yang mengandung lendir.
4.    Bronchus (cabang tenggorok).
5.    Bronchiolus (percabangan dari bronchus).
6.    Alveolus (percabangan dari bronchiolus). Alveolus berupa kantung-kantung kecil yang mirip dengan anggur atau bola-bola kecil. Pada alveolus terjadi pertukaran gas, karena berdinding sangat tipis serta memiliki banyak kapiler darah.
7.    Paru-paru. Merupakan alat pernapasan utama, dibentuk oleh alveolus terdiri dari dua bagian, bagian kiri dan bagian kanan.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian uang kartal
Pengertian uang logam
Pengertian koperasi sekolah
Pengertian manajemen menurut para ahli
Pengertian kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>