Pengertian peradaban

Peradaban adalah tingkat tinggi rendahnya kebudayaan suatu masyarakat. Sedangkan pengertian budaya berasal dari kata ‘budhi’ dan ‘daya’, yang berarti cipta, rasa, dan karsa. Dalam bahasa Sansekerta, budaya berasal dari kata buddhayah, budhi artinya akal atau culture dalam bahasa Belanda, sedangkan dalam bahasa Latin colera yang artinya mengolah, mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan tanah atau segala daya aktivitas manusia untuk mengolah alam.

Budaya sebagai sistem gagasan menjadi pedoman bagi manusia bersikap dan berperilaku. Budaya sebagai sistem gagasan sifatnya abstrak, tak dapat diraba atau difoto, karena berada dalam alam pikiran atau perkataan seseorang. Budaya adalah rancangan hidup yang merupakan gagasan prima yang kita warisi melalui proses belajar dan menjadi sikap perilaku manusia yang selanjutnya disebut dengan istilah nilai budaya.

0 thoughts on “Pengertian peradaban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>