Pengertian pengindraan jauh

Pengindraan jauh adalah ilmu atau teknik untuk memperoleh informasi suatu gejala atau objek tanpa harus kontak langsung dengan objeknya dengan bantuan suatu alat.
Komponen-komponen indraja
Sistem pengindraan jauh terdiri atas beberapa komponen penting, yaitu:
1.Tenaga. Dalam indraja, tenaga yang digunakan ada dua macam, yaitu yang bersifat alamiah dan yang bersifat buatan. Tenaga yang bersifat alamiah berasal dari sinar matahari atau sinar bulan, dan disebut dengan sistem pasif. Tenaga yang bersifat buatan contohnya dalam pemotretan menggunakan lampu, disebut dengan sistem aktif.
2.Objek. Yang menjadi objek dalam indraja adalah segala sesuatu yang berada di permukaan bumi, meliputi atmosfer, hidrosfer, litosfer, dan biosfer.
3.Sensor. Sensor adalah suatu benda yang digunakan untuk merekam objek-objek alam. Sensor dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
a.Sensor fotografik, adalah sensor berupa kamera pada spektrum tampak dan hasilnya berupa foto udara atau foto satelit. Tenaga elektromagnetik diterima dan direkam pada lapisan emulsi film yang berfungsi sebagai penerima dan alat perekam.
b.Sensor elektronik, adalah sensor bertenaga elektrik dalam bentuk sinyal yang beroperasi pada spektrum yang lebih luas yaitu dari sinar x sampai gelombang radio. Dalam sensor elektronik, alat penerima dan perekamnya berupa pita magnetik atau detektor lainnya, bukan film.
4.Citra (keluaran). Citra adalah gambar objek yang nampak pada cermin melalui lensa kamera atau oleh sensor lainnya. Citra dibedakan menjadi dua yaitu citra foto dan citra non foto. Citra foto bila sensornya menggunakan kamera dan film sebagai alat penerimanya. Sedangkan citra non foto bila sensornya menggunakan tenaga elektronik bukan kamera.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian peradaban
Pengertian Penjelajahan, Petualangan
Pengertian Komposisi Penduduk dan Pertumbuhan penduduk
Pengertian Sumber Daya Manusia
Pengertian Upacara dan Lagu-lagu Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>