Pengertian, manfaat, dan lapisan-lapisan atmosfer

Atmosfer adalah lapisan udara yang mengelilingi bumi hingga ketinggian lebih dari 500 km. Atmosfer memiliki karakteristik yang berbeda pada setiap lapisan.

Manfaat atmosfer bagi kehidupan antara lain sebagai berikut:
a.    Melindungi makhluk hidup di bumi dari bahaya radiasi sinar matahari. Bila tidak ada atmosfer sinar matahari menyebabkab berbagai penyakit dan bumi tidak dapat ditempati oleh makhluk hidup
b.    Melindungi bumi dari jatuhnya benda-benda angkasa yang menyebabkan kerusakan bumi
c.    Menjaga keseimbangan suhu di bumi antara siang dan malam hari
d.    Menjaga keberlangsungan kejadian cuaca, seperti awan, hujan, dan angin.

Lapisan-lapisan atmosfer
a.    Troposfer. Lapisan troposfer terletak pada ketinggian 0-15 km. Pada lapisan ini terjadi proses-proses cuaca seperti awan, angin, hujan, dan petir.
b.    Stratosfer. Lapisan stratosfer terletak pada ketinggian 15-50 km. Pada lapisan ini terdapat lapisan ozon yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari.
c.    Mesosfer. Lapisan mesosfer berada pada ketinggian 50-85 km. Lapisan mesosfer berfungsi melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi.
d.    Termosfer. Lapisan termosfer berada pada ketinggian 85-500 km. Lapisan termosfer disebut juga lapisan ionosfer karena pada lapisan ini terjadi proses ionisasi. Lapisan termosfer memantulkan gelombang pendek radio sehingga bermanfaat untuk komunikasi.
e.    Eksosfer. Lapisan eksosfer merupakan lapisan atmosfer terluar dan berada mulai pada ketinggian sekitar 500 km. Pada lapisan ini muncul cahaya zodiakal dan gegenschein yang disebabkan oleh pantulan sinar matahari dan partikel debu meteor di angkasa.

Artikel terkait kategori geografi
Pola tata ruang kota
Suaka marga satwa dan cagar alam
Persebaran flora di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>