Pengertian jaring-jaring kehidupan dan rantai makanan

Jaring-jaring kehidupan adalah hubungan cara hidup antara berbagai jenis makhluk hidup. Di dalam jaring-jaring kehidupan terdapat rantai makanan. Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain. Contoh: padi – tikus – ular sawah – burung elang. Pada rantai makanan tersebut, padi bertindak sebagai produsen, tikus sebagai konsumen tingkat pertama, ular sawah sebagai konsumen tingkat kedua, dan burung elang sebagai konsumen tingkat ketiga.

a.    Tumbuhan memperoleh tenaga langsung dari matahari (fotosintesis). Tumbuhan disebut juga sebagai penghasil makanan atau produsen.
b.    Hewan pemakan tumbuhan memperoleh tenaga dari tumbuhan yang dimakannya dan secara tidak langsung memperoleh tenaga dari matahari. Hewan ini disebut konsumen pertama (misalnya tikus makan padi).
c.    Hewan pemakan konsumen pertama disebut konsumen kedua (misalnya ular makan tikus).
d.    Hewan pemakan konsumen kedua disebut konsumen ketiga (misalnya burung elang makan ular), demikian seterusnya.
e.    Manusia sebagai pemakan tumbuhan dan hewan dapat menjadi konsumen pertama dan konsumen kedua.
f.    Pengurai adalah makhluk hidup yang dapat menguraikan kembali zat-zat yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Yang termasuk bakteri antara lain bakteri dan jamur. Hasil penguraian akan dikembalikan ke dalam tanah berupa unsure hara. Dengan adanya unsur hara ini, tumbuhan dapat tumbuh dengan baik.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian tangga nada
Pengertian masa prasejarah
Pengertian sintaksis, frase, klausa, dan kalimat
Pengertian kota
Pengertian sungai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>