Pengertian integrasi dan budaya nasional

Pengertian integrasi secara sederhana dapat diartikan sebagai pembawaan hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat antara komponen-komponen dan lingkungan. Dalam suatu proses interaksi ketiga komponen saling berhubungan melalui proses asosiatif dan disosiatif. Proses asosiatif terjadi melalui akomodasi – kerjasama – koordinasi – asimilasi. Sedangkan proses disosiatif terjadi apabila di dalamnya terdapat persaingan dan pertentangan.

Setiap negara akan selalu menghadapi permasalahan integrasi nasional. kondisi masyarakat, geografi dan bentuk negara merupakan faktor-faktor yang membedakan setiap masalah integrasi nasional suatu negara. Masalah-masalah yang dihadapi suatu negara dalam mewujudkan integrasi nasional diantaranya adalah:
a.    cara pandang yang berbeda tentang pola laku duniawi dan cara untuk mencapai tujuan
b.    kondisi masyarakat majemuk, yang terdiri atas berbagai kelompok etnis baik di antara penduduk pribumi maupun keturunan asing
c.    jarak antara wilayah cukup jauh.

Menurut Kluckhohn dan Kelly, budaya merupakan semangat hidup. Budaya merupakan gagasan prima yang kita warisi melalui proses belajar untuk kemudian menjadi pedoman dalam berperilaku.

Perwujudan budaya nasional dapat kita lihat dalam cara berpakaian, berbahasa, perilaku, dan peralatan.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian desa dan penggunaan lahan pedesaan
Pengertian kota dan penggunaan lahan perkotaan
Pengertian globe
Pengertian atlas
Pengertian peta

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>