Pengertian dongeng

Dongeng adalah cerita rekaan tentang suatu hal yang tidak pernah terjadi. Meskipun demikian, dongeng mengandung nilai-nilai moral, agama, sosial, dan nilai-nilai luhur masyarakat. Berdasarkan isinya, dongeng dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yakni sebagai berikut:
a.    Fabel, yaitu dongeng tentang binatang yang dilukiskan seperti manusia yang dapat berbicara dan berpikir. Fabel terdapat hampir di seluruh negara di dunia. Isi ceritanya disesuaikan dengan tempat atau keadaan negara tersebut.
b.    Legenda, yaitu dongeng yang berhubungan dengan asal mula terjadinya suatu benda atau tempat.
c.    Mithe, yaitu dongeng yang menceritakan sesuatu yang ada hubungannya dengan kehidupan dewa dan dewi serta berhubungan pula dengan animisme.
d.    Sage, yaitu dongeng yang mengandung unsur sejarah yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, dan mengandung unsur kesaktian atau keajaiban seseorang.
e.    Dongeng jenaka, yaitu dongeng yang berisi pelipur lara yang menggambarkan kejenakaan, kebodohan, dan kemalangan seseorang yang disajikan dengan cara humor.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian produksi, konsumsi dan distribusi
Pengertian neraca pembayaran
Pengertian, tujuan, dan jenis kebijakan moneter
Pengertian pekerjaan
Pengertian menabung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>