Pengertian dokumen

Dokumen adalah surat berharga yang tertulis atau tercetak yang dapat dipakai sebagai bukti atau keterangan. Dokumen-dokumen itu perlu didokumentasikan. Dokumentasi adalah pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi dari berbagai bidang. Atau, pemberian atau juga pengumpulan bukti dan keterangan-keterangan seperti gambar, kutipan, guntingan koran, bahan referensi, dan lain-lain.

Adanya dokumen dalam sejarah nasional Indonesia diawali oleh munculnya organisasi-organisasi pergerakan, misalnya organisasi Budi Utomo yang didirikan pada tahun 1908. Dalam dokumen berdirinya organisasi Budi Utomo tercantum latar belakang berdirinya, tujuan, bentuk-bentuk perjuangan, dan yang paling penting, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi tersebut.

Dalam perkembangan selanjutnya, berdiri pula banyak organisasi pergerakan lain. Masing-masing organisasi memiliki dokumen. Setelah Indonesia merdeka, muncul berbagai bentuk organisasi, yang juga memiliki dokumen. Setiap dokumen yang dibuat berfungsi itu mengatur dan mengarahkan kerja organisasi. Setiap perubahan terhadap dokumen itu harus selalu disetujui oleh para anggota organisasi yang bersangkutan. Dengan demikian, dokumen merupakan sesuatu yang sangat berharga.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian lingkungan
Pengertian urbanisasi, program transmigrasi, mobil
Pengertian peta, globe, atlas, proyeksi, skala peta
Pengertian virus secara morfologi, Virus HIV
Pengertian zaman prasejarah, Pengertian fosil

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>