Pengertian bibit unggul dan cara memperoleh bibit unggul

Bibit unggul merupakan bibit yang mempunyai sifat-sifat yang lebih atau unggul dari varietas sejenisnya.

Untuk mendapatkan bibit yang unggul dengan cara sebagai berikut:
1.    Perkawinan silang. Untuk memperoleh bibit unggul dengan menggunakan perkawinan silang adalah:
–    Varietas padi unggul. Pada varietas padi unggul ini didapat dari kerja sama dengan pemerintah dan lembaga penelitian padi internasional. Contohnya PB5, PB7, PB24.
–    Ternak unggul. Untuk mendapatkan ternak yang unggul dengan cara persilangan antara ternak yang lokal dengan ternak yang tidak lokal. Contohnya sapi potong, sapi perah, ayam australi, ayam petelur, dan lain sebagainya.

Jadi dengan melakukan perkawinan silang dapat memperoleh bibit yang unggul, itu dikarenakan sifat-sifat anak hasil keturunan pembiakan merupakan gabungan dari sifat-sifat kedua induknya, maka untuk memperoleh bibit yang unggul harus mencari induk yang memiliki sifat-sifat yang unggul tadi untuk disilangkan.

2.    Pemanfaatan radiasi
Diperoleh dari penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan radioaktif dan penyinaran dengan sinar X dapat memperoleh proses mutasi. Mutasi merupakan suatu proses penyimpangan pada pola kromosom, dimana penyimpangan tersebut diturunkan untuk memperoleh keturunan. Sedangkan individu yang diperoleh dari hasil mutasi disebut mutan.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian Anabolisme
Pengertian AIDS dan Virus Ebola
Pengertian Monera, pengertian bakteri
Pengertian Sejarah
Pengertian Negara Hukum

One thought on “Pengertian bibit unggul dan cara memperoleh bibit unggul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>