Pengertian batik

Batik adalah lukisan yang dibuat pada kain dengan bahan lilin dan pewarna (naptol), menggunakan alat canting atau kuas serta teknik tutup celup. Dalam perkembangannya, untuk mempercepat proses membatik digunakan cap. Itulah sebabnya, karya batik dengan canting dan cap dikenal dengan istilah batik tulis dan batik cap. Batik memiliki fungsi ganda, yaitu kebutuhan akan pakaian, penutup tempat tidur, sarung bantal, dan sebagainya. Secara estetis, batik lukis bisa dibingkai dan dijadikan menjadi perhiasan ruangan.

Desain ragam hias untuk pola batik
Ragam hias dalam seni rupa bisa berfungsi mengisi kekosongan suatu bidang dan juga berfungsi simbolis. Ragam hias berkaitan dengan pola hias dan motif. Pola hias merupakan unsur dasar yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam merancang suatu hiasan. Sedangkan, motif hias merupakan pokok pikiran dan bentuk dasar dalam perwujudan ragam hias, meliputi bentuk alami dan hasil kreasi manusia.

Jadi, ragam hias adalah susunan pola hias yang menggunakan motif-motif hias dengan kaidah tertentu pada suatu bidang atau ruang sehingga menghasilkan bentuk yang indah.
Ragam hias dapat dibedakan menjadi 3 motif yaitu sebagai berikut:
a.    Motif geometris, meliputi pilin ganda, tumpal, meander, swastika, dan kawung
b.    Motif nongeometris, meliputi manusia, binatang, dan tumbuhan
c.    Motif benda mati, meliputi air, api, awan, batu, gunung, dan matahari.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian daftar pustaka
Pengertian wawancara
Pengertian pelapukan
Pengertian fotosintesis
Pengertian dan ruang lingkup antropologi

Incoming search terms:

  • pengertian batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>