Pengertian angin muson, angin pasat, dan angin fohn

Angin muson adalah gerakan massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan udara yang mencolok antara benua Asia di sebelah utara dan benua Australia di sebelah selatan. Angin muson berubah setiap 6 bulan sekali akibat adanya perbedaan sinar matahari karena gerak semu tahunan. Angin muson dibedakan menjadi dua yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson barat bertiup antara bulan Oktober sampai dengan bulan April dan mendatangkan musim hujan. Angin muson timur bertiup dari bulan April sampai dengan bulan Oktober dan mendatangkan musim kemarau.

Wilayah sub tropika merupakan daerah tekanan tinggi, sedangkan khatulistiwa merupakan daerah pusat tekanan rendah. Maka berhembuslah angin dari wilayah sub tropika ke arah khatulistiwa. Angin ini dinamakan angin pasat. Angin pasat adalah angin yang bertiup terus menerus ke arah khatulistiwa dan tetap sepanjang tahun. Di belahan bumi utara berhembus angin timur laut sedangkan di belahan bumi selatan berhembus angin pasat tenggara.

Angin fohn (terjun) adalah angin yang melintasi wilayah pegunungan dan bergerak menuruni lereng pegunungan tersebut. Pada saat naik angin tersebut membawa uap air dan mendatangkan hujan orografik di lereng yang dilaluinya. Namun di balik gunung menjadi kering dan panas.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian dinamika kelompok sosial
Pengertian kelompok nyata
Pengertian kelompok semu
Definisi kelompok sosial
Pengertian pasar tradisional

3 thoughts on “Pengertian angin muson, angin pasat, dan angin fohn”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>