Pengertian angin

Angin adalah udara yang bergerak. Terjadinya angin karena adanya perbedaan tekanan udara suatu tempat. Alat untuk mengukur kecepatan angin disebut dengan anemometer. Garis khayal di peta yang menunjukkan kecepatan angin yang sama disebut isovent.

Boys Ballot seorang ahli meteorologi dari Prancis menyatakan:
“Angin bergerak dari tekanan udara maksimum ke tekanan udara minimum. Di sebelah utara khatulistiwa angin dibelokkan seolah-olah ke kanan. Sedangkan di sebelah selatan khatulistiwa seolah-olah dibelokkan ke arah kiri.”

Pembelokan arah angin disebabkan oleh adanya rotasi bumi pada porosnya. Arah rotasi bumi ini dari barat ke timur atau berlawanan dengan jarum jam jika dilihat dari kutub utara.

Angin diberi nama sesuai dengan arah bertiupnya. Ada angin gunung, bertiup dari gunung, ada angin barat bertiup dari barat ke timur, angin darat, angin laut, dan sebagainya.

Berdasarkan gerakannya, angin dapat dibedakan menjadi angin tetap dan angin tidak tetap (lokal). Angin tetap meliputi angin muson (musim) dan angin pasat (antipasat). Sedangkan angil lokal meliputi angin darat atau angin laut, angin gunung dan angin lembah, angin siklon dan antisiklon, angin fohn dan angin jatuh dan sebagainya.

Artikel terkait kategori pengertian-pengertian:
Pengertian kebudayaan
Pengertian resensi buku
Pengertian paragraf
Pengertian senam dasar
Pengertian pencak silat

Incoming search terms:

  • angin yang bergerak menuju khatulistiwa dari lintang tengah disebut angin
  • angin yg bergerak menuju katulistiwa dari lintang tengah disebut angin
  • apa yang dimaksud dengan isovent
  • arti isovent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>