Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi

Konsep diri merupakan inti dari kepribadian. Konsep diri mempengaruhi segala tingkah laku seseorang dan cara seseorang menyesuaikan diri dengan situasi hidup. Ada lima pengaruh konsep diri terhadap komunikasi dalam hidup.
1.    seseorang cenderung melihat dirinya seperti yang dilihat dan dikatakan atau diharapkan oleh orang lain.
2.    seseorang cenderung bertingkah laku sesuai dengan yang dilihat dan dikatakan atau diharapkan oleh orang lain. Sesuatu yang diharapkan dan diyakini tentang diri sendiri cenderung menjadi kenyataan.
3.    seseorang, melalui konsep dirinya akan menyaring untuk melihat, mendengar, memberikan penilaian dan memahami segala sesuatu (pesan) yang berada di dalam atau berasal dari luar dirinya.
4.    seseorang yang mempunyai konsep diri positif cenderung membuka diri secara wajar pada orang lain, sedangkan orang yang mempunyai konsep diri negatif biasanya cenderung tertutup. Orang yang memiliki konsep diri negatif biasanya sulit membuka diri, sulit dalam berbicara dengan orang lain, sulit mengakui kesalahan, sulit menerima kritik dari orang lain, sulit mengemukakan gagasan atau ide (apalagi yang berbeda dengan orang lain), merasa tidak aman, merasa takut kalau orang lain tidak menyukai pendapatnya, dan merasa tidak berharga dan tidak mampu, serta kehilangan kepercayaan diri.
5.    seseorang yang mempunyai konsep diri positif cenderung merasa senang dengan dirinya sendiri dan merasa yakin bahwa ia mampu menghadapi berbagai situasi yang dijumpai dalam pergaulan hidup dan memiliki kepercayaan diri.

Incoming search terms:

  • pengaruh dari konsep diri terhadap komunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>