Pemanfaatan sumber daya alam

Kekayaan alam bangsa Indonesia sangat melimpah mulai dari hasil tambang, laut, hutan, dan tanah yang subur sehingga bisa ditanami bermacam-macam tanaman yang sangat dibutuhkan oleh rakyat. Agar kekayaan alam yang melimpah ini benar-benar bisa bermanfaat, baik bagi rakyat maupun bagi bangsa Indonesia, maka harus dikelola dengan benar, baik, jujur, dan adil. Untuk mewujudkan itu semua, maka seluruh rakyat dan pemerintah serta para pelaku ekonominya harus benar-benar mematuhi peraturan atau norma yang berlaku.

Untuk mengatur pemanfaatan kekayaan atau sumber daya alam yang ada, negara telah menetapkan peraturan yang dibuat dalam UUD 1945 pasal 3 ayat 1, 2, dan 3 yang intinya adalah sebagai berikut:
1.    pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam diatur oleh UUD 1945 yang pelaksanaannya dijabarkan dalam UU dan peraturan pemerintah
2.    pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam yang menguasai hajat hidup orang banyak atau menyangkut kepentingan umum dikuasai oleh negara.

Hal yang perlu diingat, manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memanfaatkan sumber daya alam adalah: bahwa sumber daya alam tidak hanya untuk dinikmati saat ini saja, tetapi merupakan peninggalan atau warisan untuk anak cucu kita, oleh karena itu harus dijaga kelestariannya yang antara lain dengan tidak mencemari baik udara, air, maupun tanah, dan tidak melakukan penggundulan hutan, dan lain-lain.

Artikel terkait kategori ekonomi:
Landasan dan asas koperasi
Fungsi dan peran koperasi serta prinsip koperasi
Sumber daya modal
Ciri-ciri koperasi Indonesia
Sektor informal, masalah ketenagakerjaan

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>