Ovipar, vivipar, dan ovovivipar

Ovipar (bertelur). Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur mempunyai cirri-ciri pada umumnya telur dierami sampai menetas. Contohnya bangsa burung, amphibi, ikan, serangga, dan cacing.

Vivipar (melahirkan atau beranak). Hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan atau beranak mempunyai cirri-ciri bahwa jenis hewan dibesarkan dalam tubuh induknya, dan pada umumnya terjadi pada hewan mamalia atau menyusui. Contohnya ikan paus, sapi, kambing, dan kucing.

Ovovivipar (bertelur dan beranak). Hewan yang berkembangbiak dengan bertelur dan beranak pada umumnya terjadi pada hewan yang mulutnya seperti paruh bebek. Contohnya buaya dan kadal. Pada umumnya telur-telur terletak di dalam tubuh induk betinanya. Setelah dibuahi induk jantannya, tidak dikeluarkan. Disimpan dalam tubuh sampai menjadi anak kadal kemudian dilahirkan.

Artikel terkait kategori biologi:
Alat pencernaan makanan
Tumbuhan hijau
Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>