Negara (pemerintah)

Negara adalah komunitas sosial, politik, dan ekonomi. Pemerintah adalah salah satu unsur dari negara. Pemerintah adalah pelaku kegiatan ekonomi. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut.
a.    Konsumen. Sebagai konsumen pemerintah membeli dan mengonsumsi berbagai barang dan jasa. Untuk mengelola negara. Misalnya, membeli jasa pegawai, kendaraan dinas, kertas, alat-alat kantor, listrik, dan telepon.
b.    Produsen. Sebagai produsen, pemerintah menghasilkan barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut diproduksi oleh Badan Usaha Milik Negara. Sesuai amanat UUD 1945 pasal 33 ayat 2 dan 3 pemerintah bertugas menyediakan barang dan jasa yang penting atau vital yang dibutuhkan oleh rakyat.
c.    Regulator. Sebagai regulator, pemerintah bersama DPR membuat peraturan dalam bidang ekonomi. Tujuannya mendorong kegiatan ekonomi agar lebih optimal dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Misalnya, Undang-Undang No.19 Tahun 2003 tentang BUMN. Undang-Undang No.1 Tahun 1967 tentang penanaman modal asing.

Artikel terkait kategori ekonomi:
Kebijakan pajak, macam pajak, tokoh pajak
Jenis pajak, pajak kendaraan bermotor, bea dan cukai
Konsep pendapatan nasional, pemberian kredit bank
Rumah tangga keluarga, kegiatan ekonomi
Kegiatan ekonomi, pelaku ekonomi, jenis barang

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>