Memperbesar dan memperkecil peta dengan metode union jack

Peta A akan diperbesar dua kali menjadi peta B, maka peta A dibuat jaring-jaring dengan jarak 0,5 cm dan pada kertas yang akan dibuat peta B dibuat jaring-jaring dengan jarak 1 cm. Kemudian semua objek yang ada di peta A dipindahkan ke B disesuaikan dengan kotak-kotak yang telah dibuat. Untuk memudahkan pengerjaan, kotak-kotak diberi nomor. Alat bantu seperti jangka dan penggaris digunakan untuk memindahkan objek yang ada sesuai dengan posisinya.

Kelemahan dari sistem ini adalah jika objek yang akan dipindahkan terdapat di dalam kotak (tidak terpotong oleh garis vertikal dan horizontal) maka posisi objek biasanya tidak terkontrol. Untuk mengatasi sistem kotak ini selanjutnya dilengkapi dengan garis diagonal sehingga ada tiga buah garis yang dapat digunakan untuk mengontrol. Inilah yang dikenal dengan union jack.

Selanjutnya ditambahkan beberapa objek bentang alam dan budaya yang diperlukan dalam bentuk simbol-simbol disertai dengan lettering secukupnya. Jadilah peta wilayah yang lebih baik hasilnya dibandingkan dengan sistem grid.

Artikel terkait kategori geografi
Pencemaran lingkungan
Komponen dan keseimbangan lingkungan
Pantai dan pesisir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>