Masa prasejarah Indonesia

Dalam masa prasejarah ini dibahas mengenai berbagai peristiwa yang menyangkut kehidupan manusia, baik tentang asal mula munculnya bumi ini, asal mula munculnya jenis-jenis manusia purba di Indonesia, peralatan-peralatan yang digunakan, kehidupan sosial, kehidupan budaya, kehidupan ekonomi, maupun munculnya kepercayaan awal dalam kehidupan manusia di Indonesia.

Namun untuk mengetahui keberadaan masyarakat Indonesia dari masa sebelum mengenal tulisan, para ahli hanya dapat melihat dari benda-benda budaya yang ditinggalkannya. Melalui benda-benda budaya yang ditinggalkannya itu, para ahli berusaha membuat suatu tafsiran-tafsiran yang mendekati kebenaran dari keberadaan manusia pada masa itu.

Masa sebelum mengenal tulisan merupakan masa yang sangat panjang. Masa ini berlangsung sejak adanya manusia hingga ditemukannya tulisan. Untuk mempermudah pemahaman, maka masa itu dibedakan atas zaman batu dan zaman logam.

Zaman batu merupakan zaman yang berlangsung cukup lama sehingga untuk memudahkannya maka para ahli membagi masa tersebut berdasarkan alat-alat kebudayaan yang ditinggalkannya.
1)    Zaman batu tua (paleolitikum)
2)    Zaman batu madya (mesolitikum)
3)    Zaman batu muda (neolitikum)
4)    Zaman batu besar (megalitikum).

Sedangkan zaman logam dibedakan atas beberapa zaman, yakni:
1)    Zaman tembaga
2)    Zaman perunggu
3)    Zaman besi.

Dari zaman-zaman tersebut hanya zaman tembaga yang tidak pernah berkembang di Indonesia, sehingga Indonesia mengenal zaman logam berawal dari zaman perunggu.

Artikel terkait kategori sejarah:
Revolusi Prancis
Meletusnya Revolusi Prancis
Prinsip-prinsip Penelitian Sejarah Lisan
Jenis-jenis Sejarah
Sumber, Bukti, dan Fakta Sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>