Klasifikasi tumbuhan

Dengan bermacam-macamnya jenis tumbuh-tumbuhan, maka banyak orang yang mengklasifikasikan tumbuhan dan ada yang membagi dalam dua divisi, tiga divisi, dan juga lima divisi. Sedangkan yang akan kita uraikan klasifikasi berdivisi lima, diantaranya adalah:
1.    Tumbuhan belah (schizophyta). Tumbuhan belah merupakan suatu tumbuhan yang terdiri dari satu sel, bentuknya sangat kecil dan berkembang biak dengan membelah diri. Ciri-cirinya antara lain:
–    Berkembang biak dengan cara membelah diri
–    Tidak berinti
–    Ukurannya sangat kecil
–    Tidak berplastida (butir-butir pembawa zat warna)
–    Terdiri dari satu sel
–    Hidup berkoloni.
2.    Tumbuhan thallus (thallophyta). Merupakan suatu kelompok tumbuhan yang tubuhnya belum mempunyai akar, daun dan batang. Sedangkan tumbuhan thalus itu ada yang bersel satu dan ada yang bersel banyak. Cara berkembang biak tumbuhan thalus adalah dengan membelah diri (vegetatif atau aseksual) dan berkembang biak dengan spora atau berkembang biak dengan cara generatif atau seksual.
3.    Tumbuhan lumut (bryophyta)
4.    Tumbuhan paku (pteridophyta)
5.    Tumbuhan biji (spermatophyta).

Artikel terkait kategori biologi:
Jaringan saraf, Jaringan epitelium, Jaringan ikat
Struktur Jaringan Hewan Vertebrata dan Fungsinya
Pembudidayaan tanaman secara generatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>