Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai terletak di tepi sungai Mahakam, tepatnya di daerah Muarakaman, Kalimantan Timur. Sumber sejarah mengenai Kerajaan Kutai berasal dari tujuh buah yupa, yaitu prasasti yang dipahatkan pada tiang batu. Berdasarkan prasasti yupa, diketahui keterangan mengenai Kerajaan Kutai sebagai berikut:

Kerajaan Kutai diperintah oleh Sang Maharaja Kudungga. Raja Kudungga memiliki seorang anak yang bernama Aswawarman. Aswawarman memiliki tiga orang anak, salah satunya bernama Mulawarman. Kudungga masih merupakan nama asli Nusantara, keturunannya menggunakan nama India. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembuat wangsakerta (dinasti atau keluarga) di Kerajaan Kutai adalah Aswawarman, bukan Kudungga.

Agama yang dianut penduduk Kerajaan Kutai adalah Hindu aliran pemuja Siwa (Siwais) yang diduga dari India Selatan. Hal ini dibuktikan dari penggunaan nama “warman” yang merupakan kebiasaan dari India Selatan. Raja Mulawarman adalah raja terbesar dari Kerajaan Kutai. Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Kutai mengalami masa yang gemilang. Rakyat hidup tenteram dan sejahtera.

Artikel terkait kategori sejarah:
Peradaban Mesopotamia
Zaman Imperium Cina
Hasil-Hasil Kebudayaan Zaman Imperium Cina
Taoisme
Konfusianisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>