Kemampuan khusus (bakat)

Intelegensi merupakan suatu konsep mengenai kemampuan umum individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dalam kemampuan umum ini, terdapat kemampuan-kemampuan yang amat spesifik. Kemampuan yang spesifik ini memberikan suatu kondisi yang memungkinkan tercapainya pengetahuan, kecakapan, atau keterampilan tertentu setelah melalui suatu latihan. Inilah yang disebut sebagai bakat (aptitude).

Bakat adalah kemampuan alami sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih atau dipelajari. Karena masih bersifat potensial, bakat merupakan potensi yang masih memerlukan latihan dan pengembangan secara serius dan sistematis agar dapat terwujud. Bakat sangat berpengaruh dalam pilihan karir. Dengan mengenal bakat sendiri, seseorang dapat menilai kemampuan dirinya dan dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan atau tawaran dunia kerja. Karena suatu tes intelegensi tidak dirancang untuk menyingkap kemampuan khusus, bakat pun tidak dapat segera diketahui melalui tes intelegensi. Alat yang digunakan untuk menyingkap kemampuan khusus ini disebut sebagai tes bakat atau aptitude test.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>