Kelainan pada mata

Kelainan-kelainan pada mata antara lain:
1.    Astigmatisme
Penderita astigmatisme tidak dapat membedakan garis lurus dan garis mendatar pada waktu yang bersamaan, karena kelengkungan lensanya tidak merata sehingga berkas-berkas sinar yang mengenai mata tidak dapat terpusat sempurna. Cacat mata min dapat ditolong dengan menggunakan kaca mata yang lensanya berbentuk silinder.

2.    Miopi atau rabun jauh
Penderita miopi jarak fokus lensa matanya terlalu pendek sehingga tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang letaknya jauh. Cacat mata ini dapat ditolong dengan kacamata berlensa cekung atau lensa negatif.

3.    Hipermetropi atau rabun dekat
Penderita hipermetropi jarak fokus lensa matanya terlalu jauh sehingga tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang letaknya dekat. Cacat mata ini dapat ditolong dengan kacamata berlensa cembung atau lensa positif.

4.    Presbiopi
Penderita presbiopi tidak dapat melihat benda-benda yang letaknya dekat dan jauh, karena daya akomodasinya lemah. Cacat mata ini dapat ditolong dengan kacamata berlensa rangkap (lensa cembung dan lensa cekung).

Artikel terkait kategori fisika:
Macam-macam energi
Planet bumi
Macam-macam gaya
Kamera, lup, mikroskop, teropong, proyektor, dan e…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>