Kehidupan masyarakat pada masa awal kolonialisme

Praktik kolonialisme yang dilakukan oleh bangsa-bangsa barat atas wilayah Indonesia mengakibatkan terjadinya berbagai perubahan dalam aspek-aspek kehidupan masyarakat. Kehidupan rakyat di daerah kekuasaan VOC pada umumnya menderita. Rakyat diwajibkan untuk menyerahkan hasil bumi mereka untuk pajak. Penyerahan demikian tidak memperoleh ganti rugi. Inilah yang disebut contingenten. Selain itu, dengan perjanjian, VOC memperoleh hak monopoli di suatu tempat. Daerah-daerah tersebut diwajibkan menyerahkan hasil bumi yang diperlukan VOC dengan penggantian yang ditetapkan. Cara demikian disebut penyerahan wajib. Kedua kebijakan VOC tersebut menyebabkan semakin merosotnya kesejahteraan rakyat.

VOC sering melakukan intervensi terhadap persoalan-persoalan intern kerajaan. Misalnya, dalam masalah pergantian tahta kerajaan. Akibatnya, kerajaan-kerajaan yang bersangkutan akan dikendalikan oleh Belanda. Oleh karena kekuasaan kolonial semakin menguat, kekuasaan raja semakin merosot. Raja dan para pejabat lainnya semakin bergantung kepada kekuasaan asing. Kekuasaan dan pemerintahan kerajaan telah ditempatkan di bawah kekuasaan kolonial. Perubahan-perubahan itu menunjukkan bahwa kedaulatan dan kekuasaan politik kaum pribumi sudah tidak begitu berarti.

Dalam bidang kebudayaan pengaruh corak barat sedikit demi sedikit mulai dikenal masyarakat Indonesia seiring dengan pelaksanaan kolonialisme. Berikut ini beberapa budaya barat yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia, yaitu dikenalnya agama Kristen, dipergunakannya nama dan kata Portugis serta dikenalnya musik keroncong.

Artikel terkait kategori sejarah:
Perang Asia Timur Raya
Penyerahan Indonesia dari Belanda kepada Jepang
Dampak Pendudukan Jepang dalam Sistem Pemerintahan
Dampak Pendudukan Jepang dalam Bidang Ekonomi
Dampak Pendudukan Jepang dalam Bidang Mobilisasi

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>