Jenis uang

Jenis-jenis uang
1.    Berdasarkan bahan (material), uang dibedakan menjadi:
a.    Uang logam, adalah uang yang dibuat dari semacam logam tertentu dengan berat dan kadar tertentu pula.
b.    Uang kertas, merupakan uang fiduciary (uang kepercayaan), karena semua masyarakat mau menerima uang tersebut sebagai alat pembayaran, walaupun nilai intrinsiknya jauh lebih kecil daripada nilai nominalnya. Jadi dasarnya adalah kepercayaan kepada pemerintah atau bank yang menjamin atas peredaran uang kertas tersebut.

2.    Berdasarkan lembaga atau badan pembuatnya, uang dibedakan menjadi:
a.    Uang kartal, adalah uang yang diberi tanda atau cap oleh pemerintah, sehingga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan dapat diterima umum. Uang kartal dibagi menjadi dua, yaitu uang logam dan uang kertas, yang dicetak atau dibuat dan diedarkan oleh bank sentral.
b.    Uang giral, adalah simpanan atau deposito pada bank yang dapat diambil dengan menggunakan cek, giro, atau surat perintah pembayaran lainnya, yang dicetak atau dibuat oleh bank umum atau bank komersial. Uang giral yang beredar di masyarakat terdiri dari:
–    Cek, adalah perintah yang diterima dari pihak lain sebagai alat untuk pembayaran, atau perintah kepada bank untuk mambayar dengan uang tunai.
–    Giro, adalah alat untuk memindahkan uang giral ke rekening orang lain, tetapi tetap uang giral bukan uang tunai.
–    Telegraphic Transfer, adalah pemindahan pembayaran atas suatu transaksi melalui bank.

3.    Berdasarkan nilainya, uang dibedakan menjadi:
a.    Uang bernilai penuh (full bodied money), artinya uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya.
b.    Uang yang tidak bernilai penuh (representative full bodied money) atau uang bertanda (token money), artinya uang yang nilai intrinsiknya lebih kecil daripada nilai nominalnya.

4.    Berdasarkan kawasan atau daerah berlakunya, uang dibedakan menjadi:
a.    Uang domestik, artinya uang yang berlaku hanya di suatu negara tertentu, di luar negara tersebut mungkin berlaku dan mungkin tidak berlaku.
b.    Uang internasional, artinya uang yang berlaku tidak hanya dalam suatu negara, tetapi juga berlaku dan diakui di berbagai negara di dunia.

Artikel terkait kategori ekonomi:
Pasar persaingan oligopoli, pasar monopolistik
Perkembangan akuntansi, kamus akuntansi
Sistem akuntansi, akuntan, akuntansi biaya
Pengertian akuntansi, sistem pembukuan
Informasi akuntansi, bidang akuntansi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>