Jenis-jenis sungai

Sungai dapat didefinisikan sebagai sejumlah air yang mengalir pada saluran alami atau buatan manusia ke daerah yang lebih rendah, seperti danau atau sungai lain. Sungai terbentuk secara alami.
Berdasarkan sumber airnya, sungai dapat dibedakan menjadi sungai hujan, sungai mata air, sungai gletser, dan sungai campuran.
a.    Sungai mata air, yaitu sungai yang airnya berasal dari sebuah mata air. Debit air sungai ini relatif permanen meskipun pada saat musim kemarau panjang. Contohnya Sungai Serayu, Sungai Bengawan Solo, dan sebagainya.
b.    Sungai hujan, yaitu sungai yang sumber airnya sebagian besar berasal dari air hujan. Contohnya sungai-sungai besar di Pulau Jawa.
c.    Sungai gletser, yaitu sungai yang sebagian besar airnya berasal dari salju yang mencair. Debit air lebih besar pada musim kemarau. Jenis sungai ini banyak terdapat di daerah pegunungan tinggi, seperti Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Alpen.
d.    Sungai campuran, yaitu sungai yang airnya berasal dari air hujan yang bercampur dengan salju yang mencair atau mata air. Contohnya Sungai Digul dan Sungai Mamberamo.

Artikel terkait kategori geografi
Hubungan Lokasi dengan Keadaan Iklim dan Cuaca
Pola Iklim dan Pola Angin di Indonesia
Bentuk muka bumi Indonesia

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>