Ideologi sebagai suatu sistem

Ideologi dapat sebagai suatu sistem berpikir yang digunakan oleh masyarakat untuk menginterpretasikan hidup dan kehidupannya. Dapat juga sebagai identitas suatu masyarakat atau bangsa, yang sering disebut dengan istilah “kepribadian bangsa”. Ideologi dapat diterapkan ke dalam sistem politik, ekonomi, dan sosial budaya. Mula-mula digali dari kenyataan yang ada (induktif), kemudian dirumuskan dalam suatu sistem. Setelah itu diterapkan kembali dalam segala aspek kehidupan (deduktif).

Sebagai suatu sistem, ideologi tentu saja bersifat sistematis. Artinya runut, tidak melompat-lompat dan masuk akal. Secara garis besar, cara-cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama yang dirumuskan dalam ideologi. Dengan demikian gagasan dasar ideologi merupakan gagasan yang cukup lengkap untuk dapat dijadikan sebagai pedoman hidup.

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>