Homo sapiens

Homo sapiens adalah jenis manusia purba yang telah memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia sekarang. Mereka dapat menggunakan akan dan memiliki sifat seperti yang dimiliki oleh manusia sekarang. Kehidupan mereka sangat sederhana dan hidupnya mengembara. Mereka inilah yang menjadi nenek moyang bangsa-bangsa di dunia.

Jenis fosil homo sapiens ini juga ditemukan di daerah Indonesia, yaitu di daerah wajak dan fosilnya diberi nama homo wajakensis. Fosil homo wajakensis yang berupa sebuah tengkorak ditemukan tahun 1889 oleh van Reictshotten. Selanjutnya fosil ini diteliti oleh Eugene Dubois. Berdasarkan hasil penelitiannya itu disimpulkan bahwa homo wajakensis termasuk kepada golongan bangsa austroloide. Tetapi berdasarkan penelitian von Koenigswald fosil ini termasuk homo sapiens.

Berdasarkan penelitian para ahli terhadap penemuan fosil manusia purba itu, terlihat dengan jelas perkembangannya ke arah yang lebih sempurna, yaitu dari pithecanthropus (manusia kera) hingga homo sapiens (manusia) seperti sekarang. Namun, apakah makhluk yang disebut sebagai pithecanthropus ini berproses melalui evolusi, hingga terwujud seperti manusia sekarang ini? Atau, apakah antara manusia dengan pithecanthropus tidak memiliki hubungan dan berasal dari spesies yang berbeda? Hal itupun belum dapat terjawab oleh para ahli. Para ahli tidak berhasil menemukan mata rantai yang menghubungkan antara pithecanthropus dengan manusia seperti sekarang ini.

Artikel terkait kategori sejarah:
Perkembangan Bekas Negara Yugoslavia
Konflik di Libanon dan Konflik Mesir dan Israel
Konflik Israel-Palestina
Pasca Perang Dingin
Konflik Kamboja

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>