Garis bujur

Beberapa garis bujur yang perlu diingat antara lain sebagai berikut:
1.    Garis bujur 0 derajat, melalui kota Greenwich (London, Inggris). Berdasarkan perjanjian internasional, garis tersebut dinyatakan sebagai meridian 0 (nol). Sering disebut Greenwich Mean Times (GMT). Melalui garis bujur 0 derajat ini kita dapat menghitung waktu daerah di permukaan bumi dengan memperhatikan letak bujurnya.
2.    Garis bujur 180 derajat, berada di Samudera Pasifik disebut juga garis penanggalan internasional. Apabila kita berjalan ke arah barat dan melewati garis batas 180 derajat harus ditambah 1 hari, sedangkan jika perjalanan menuju ke timur dan melewati garis tanggal tersebut, waktu harus dikurangi 1 hari.
Misalnya apabila kita berjalan ke arah barat dari San Fransisco menuju Tokyo harus ditambah 1 hari, umpamanya dari hari Selasa sampai di Tokyo hari kamis. Sebaliknya apabila kita berjalan ke arah timur dari Tokyo ke San Fransisco dikurangi 1 hari, umpamanya dari hari selasa sampai di San Fransisco masih hari senin, dan esok pagi adalah hari selasa lagi.

Artikel terkait kategori geografi
Letak Geografis Indonesia
Batas wilayah udara
Batas-batas wilayah laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>