Distribusi pendapatan nasional

Distribusi pendapatan nasional merupakan unsur penting untuk mengetahui tinggi rendahnya kesejahteraan atau kemakmuran suatu negara. Distribusi pendapatan nasional yang merata kepada masyarakat akan mampu menciptakan perubahan dan perbaikan suatu negara seperti peningkatan pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, mengurangi pengangguran dan sebagainya. Sebaliknya, distribusi pendapatan yang tidak merata akan menyebabkan perubahan atau perbaikan suatu negara tidak akan tercapai, hal seperti inilah yang akan menunjukkan adanya ketimpangan distribusi pendapatan.

Untuk mengetahui tingkat pemerataan distribusi pendapatan suatu negara dapat diketahui dari grafik yang dinamakan Kurva Lorenz, artinya kurva yang menggambarkan hubungan antara distribusi jumlah penduduk dengan distribusi pendapatan. Sedangkan indikator untuk mengukur tingkat ketimpangan distribusi pendapatan adalah Koefisien Gini atau Indeks Gini. Semakin tinggi atau besar indeks gini, semakin tinggi tingkat ketidakmerataannya (distribusi pendapatannya tidak merata) dan semakin kecil indeks gini semakin rendah tingkat ketidakmerataannya (distribusi pendapatannya semakin merata).

Artikel terkait kategori ekonomi:
Barang dan jasa, produsen, konsumen, distribusi
Perdagangan internasional, devaluasi
Penukaran uang, kurs, komoditi ekspor nonmigas
Alat pembayaran perdagangan, sumber devisa, valas
Perdagangan antarnegara, barang dan jasa

Lazada Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>