BUMN, BUMS dan Badan Usaha Campuran

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah badan usaha yang modalnya milik negara, yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN bergerak di sektor-sektor yang menguasai hajat hidup orang banyak. Contoh: Perjan, Perum, dan Persero.

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) adalah badan usaha yang seluruh modalnya dimiliki oleh swasta, dapat berbentuk perseorangan maupun persekutuan. Contohnya firma, persekutuan komanditer, perseroan terbatas, koperasi, dan sebagainya.

Badan Usaha Campuran adalah badan usaha yang modalnya sebagian milik pemerintah dan sebagian milik swasta. Contohnya PERSERO. Modal yang dimiliki oleh badan usaha ini adalah 51% atau lebih dimiliki pemerintah dan paling banyak 49% dimiliki oleh swasta atau investor. Contohnya PT Telkom, PT Garuda, PT BNI 1946, PT Jakarta Lloyd, dan sebagainya.

 

Artikel terkait kategori ekonomi:

Homo economicus, kebutuhan manusia

Kurva permintaan, permintaan barang, jumlah barang

Pelaku ekonomi, perekonomian dua sektor

Harga keseimbangan, hukum penawaran

Proses produksi, faktor produksi, pasar input

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>