Bersikap rasional

Setiap hari tentu anda dihadapkan pada berbagai macam pilihan yang harus diambil dalam memenuhi kebutuhan dengan sumber daya terbatas. Apa yang harus anda lakukan? Dalam menentukan pilihan, anda harus bersikap rasional. Pergunakan akal sehat anda. Pikirkan dan pertimbangkan dengan sebaik-baiknya antara pengorbanan yang diberikan dengan manfaat yang akan anda peroleh.

Sikap rasional atau tidak sebenarnya tergantung pada alasan atau motif dalam melakukan pilihan, tindakan tersebut selaras dengan prinsip ekonomi atau tidak. Tentu anda tahu yang dimaksud dengan prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi merupakan pedoman agar pelaku ekonomi berusaha dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Menentukan pilihan secara rasional tersebut tidak hanya berlaku pada kegiatan konsumsi. Produsen pun perlu mendapatkan keuntungan maksimum dengan biaya produksi minimum. Produsen perlu menentukan pilihan terbaik dari alokasi sumber daya produksinya. Demikian juga dengan kegiatan distribusi. Seorang distributor harus memerhatikan banyak faktor antara lain modal dan calon konsumennya agar mendapat keuntungan.

Artikel terkait kategori ekonomi:
Pelaku dan Pengatur Ekonomi
Pengertian neraca pembayaran
Pengelolaan koperasi
Pembayaran internasional
Kurva permintaan investasi

Incoming search terms:

  • apa yang dengan sifat rasional
  • pengertian sifat rasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>